Cegah Stunting, Prodi S1 Gizi SHB selenggarakan “Seminar Nasional Kesehatan 2019” dan Senam Sehat

SHB — Dalam upaya berkontribusi dalam pencegahan stunting, Program Studi S1 Gizi STIKes Husada Borneo (SHB) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Gizi (HMPG) SHB gelar “Seminar Nasional Kesehatan 2019” di Gedung Djuang (Depan Kodim 1006 Martapura), Sabtu (23/3/2019). Kegiatan ini mengusung tema “Peran Gizi dalam Mencegah Stunting untuk Mewujudkan Generasi Sehat, Semangat dan Berprestasi.”

Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari, hari ke-1 Sabtu (23/3/2019) pelaksanaan Seminar Nasional Kesehatan dan hari ke-2 Minggu (24/3/2019) pelaksanaan Senam Sehat. Pada hari ke-1, pelaksanaan Seminar Nasional Kesehatan ini diisi oleh Pembicara Nasional dan Pakar Gizi Nasional. Pada sesi 1 seminar, penyampaian materi bertema “Peran Pangan dan Gizi Guna Mencegah Stunting dan Mewujudkan Generasi Sehat dan Berprestasi” oleh Bapak Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS (Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia dan AIPGI), kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi bertema “Pentingnya Aktivitas Fisik dan Olahraga untuk Mewujudkan Generasi Sehat dan Semangat” serta sedikit melakukan Exercise oleh Bapak Mury Kuswari, S.Pd., M.Si (Ketua Umum Asosiasi Nutrisionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia).

Setelah itu, dilakukan diskusi yang dipandu oleh moderator Bapak Ns. Husin, S.Kep., MPH, acara pada sesi 1 diakhiri dengan Pemberian Kenang-kenangan dan Foto Bersama, serta ISHOMA. Pada sesi 2 dilanjutkan penyampaian materi serta demo masak bertema “Menu Makanan untuk 1000 HPK dan Menu Kekinian untuk Remaja dalam Mencegah Stunting” oleh Ibu Nany Suryani, S.Gz., M.Biomed (Ketua Prodi S1 Gizi STIKes Husada Borneo) dan Chef Dadan Jumadianor S.Gz (Consultant Chef Duta Resto Banjarbaru). Setelah itu, dilakukan diskusi yang dipandu oleh moderator Ibu Yuliana Salman, S.Si., M.Biomed, acara pada sesi 2 diakhiri dengan Pemberian Kenang-kenangan dan Foto Bersama. Selanjutnya adalah acara terakhir yaitu pembagian doorprice dan penutupan. Kegiatan Seminar Nasional Kesehatan ini diikuti oleh Mahasiswa, Pelajar, Dosen, Praktisi Kesehatan, dan umum dengan jumlah peserta sebanyak ± 300 orang.

Pada hari ke-2, pelaksanaan Senam Sehat ini bertempat di Kantor Sekretariat Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Jl. Dharma Praja No.1 Banjarbaru). Kegiatan ini di awali dengan pembukaan sambutan dari pihak panitia kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Senam Sehat yang dipandu oleh Ibu Rika (Guru Olahraga SDN 1 Guntung Manggis). Kegiatan Senam Sehat ini diikuti oleh peserta mahasiswa/i, serta peserta dari masyarakat umum. Pada kegiatan ini juga diadakan pembagian doorprice dari pihak panitia dan juga diadakan cek kesehatan gratis (tekanan darah, kolesterol, asam urat, gula darah, serta konsultasi gizi).

Restitia, selaku ketua pelaksana kegiatan ini mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan Seminar Nasional Kesehatan ini untuk turut serta berkontribusi nyata dalam pencegahan stunting melalui optimalisasi “Peran Gizi dalam Mencegah Stunting untuk Mewujudkan Generasi Sehat, Semangat dan Berprestasi.”

Reporter: Restitia Ningrum
Editor: Sigit Yudhistira

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Stikes Husada Borneo Banjarbaru