Prodi S1 Gizi SHB Siapkan Beberapa TIM PKM untuk Berkontestasi di Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021

SHB — Senin, 15 Februari 2021 pukul 10.30 WITA Prodi S1 Gizi STIKes Husada Borneo (SHB) Banjarbaru menyelenggarakan Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021 kepada para mahasiswa Prodi S1 Gizi SHB seluruh angkatan dan dosen-dosen STIKes Husada Borneo.

Kegiatan Sosialisasi PKM 2021 ini diselenggarakan secara daring melalui Conference via Zoom Meeting untuk tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19. Kegiatan ini di-narasumberi oleh Bapak Sigit Yudistira, S.Gz., M.Gz selaku dosen Prodi S1 Gizi SHB.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2021 di bawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) yang merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

PKM juga dirancang untuk mengadopsi teknologi digital yang telah merasuki nyaris di semua sendi kehidupan, oleh karena itu, mulai tahun 2019 diperkenalkan satu bidang baru PKM yaitu PKM-GFK atau PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif, dan di tahun 2021 ini, PKM-GFK masuk menjadi salah satu PKM pendanaan berbasis proposal sehingga dikenal dengan PKM 6 Bidang bersama PKM 5 bidang yang sebelumnya sudah ada.
Agar mempermudah pemahaman mahasiswa terkait perbedaan bidang-bidang PKM yang ada, maka dianggap perlu menyelenggarakan sosilisasi kegiatan PKM 2021 ini untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan mahasiswa. Pedoman PKM tahun sebelumnya disempurnakan menjadi Pedoman PKM 2021. Pada Pedoman PKM tahun 2021, pelaksanaan PKM dituangkan dalam 9 buku yang terdiri dari Buku 1, Buku 2, dan seterusnya sampai dengan Buku 9.

Berdasarkan hasil diskusi dan kesepakatan dari kegiatan sosialisasi PKM 2021 yang diselenggarakan oleh Prodi S1 Gizi SHB pada hari Senin, 15 Februari 2021 bersama narasumber, dosen dan mahasiswa, diperoleh hasil pembentukan beberapa Tim PKM yang akan mewakili Prodi S1 Gizi STIKes Husada Borneo dalam PKM 2021, tutur Sigit.

Dengan adanya beberapa TIM PKM dari Prodi S1 Gizi SHB ini, besar harapan dan rasa optimis kami semoga TIM PKM kami dapat bersaing dan berkompetisi dengan TIM PKM lain dari berbagai Perguruan Tinggi se-Indonesia, serta lolos dalam pendanaan Belmawa dan maju ke tahap lanjut yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), Aamiin.. ya Rabbal Aalaamiin.., tutup Sigit.

Reporter: Siti Fatimah dan Sarah Ariaini
Editor: Sigit Yudhistira

Comments are closed.

© 2016 Stikes Husada Borneo Banjarbaru