Workshop Penyusunan Visi dan Misi Institusi Serta Visi dan Misi Prodi S1 Gizi & Prodi D3 Perekam dan Informasi Kesehatan

STIKes Husada Borneo menyelenggarakan Workshop “Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran” Institusi STIKes Husada Borneo sendiri dan Program Studi yang ada di STIKes Husada Borneo, yaitu Prodi S1 Gizi dan D3 Perekam dan Informasi Kesehatan. Workshop tersebut dilaksanakan pada Selasa, 23 Maret 2021 secara Daring. Acara tidak hanya diikuti oleh seluruh sivitas akademika STIKes Husada Borneo tetapi juga mengundang stakeholder dan alumni. Adapun stakeholder yang hadir dalam workshop tersebut antara lain: perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, RSD Idaman Banjarbaru, RS Pelita Insani, Ketua DPD PERSAGI, Ketua DPD PORMIKI, dan Puskesmas.

Acara workshop ini dimulai dengan paparan rumusan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang disampaikan oleh Ketua STIKes Husada Borneo, Faizah Wardhina S.Si.T., M.Kes. Selanjutnya penyampaian materi oleh keynote speaker yaitu Dr. Gunarmi Solikhin, SKM., M.MKes yang merupakan Sekretaris Jenderal Himpunan Perguruan Tinggi Kesehatan (HPTKes) Indonesia. Dalam materi yang disampaikan oleh beliau, visi menggambarkan tujuan atau kondisi di masa depan yang ingin dicapai. Sedangkan Misi adalah semua langkah, taktik atau strategi yang dilakukan oleh sebuah organisasi, perusahaan atau instansi tertentu untuk bisa mewujudkan visi yang telah dibuat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pendapat dan saran dari para stakeholder, alumni dan sivitas akademika STIKes Husada Borneo terkait rumusan visi, misi, tujuan, dan sasaran STIKes dan Prodi yang telah disampaikan oleh Ketua sebelumnya. Selain pendapat dan saran dari ketua organisasi profesi, baik itu PERSAGI maupun PORMIKI, perwakilan pihak RS, dan alumni, dalam workshop ini juga disampaikan pendapat dari perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan. Bpk. Drs. H. Akhmad Yanie, M.Si., A.Pt., Kabid Sumber Daya Kesehatan yang mewakili Kepala Dinkes Provinsi Kal-Sel, menyatakan bahwa rumusan visi yang telah disampaikan khususnya visi misi Prodi S1 Gizi telah sesuai dengan sasaran Indikator Pembangunan Kesehatan. Indikator Pembangunan Kesehatan tersebut meliputi 3 hal yaitu Balita Gizi Kurang, Stunting, dan Balita Gizi Buruk, sehingga sangat sesuai apabila visi Prodi S1 Gizi mengarah pada pencegahan dan penangan masalah gizi pada balita. Sedangkan untuk Prodi D3 Perekam dan Informasi Kesehatan, beliau juga menyampaikan bahwa sangat menyambut baik tenaga perekam medis sebagai lulusan dari prodi ini. Dari segi kebutuhan SDMnya masih sangat kekurangan terutama di Fasyankes tingkat dasar (Puskesmas). Ke depan kita juga harus mengembangkan IT, karena semua pelayanan berbasis aplikasi tidak terkecuali pelayanan kesehatan.

Dari hasil workshop yang telah dilaksanakan ini, telah ditetapkan dan diberlakukan Visi STIKes Husada Borneo yaitu “Menjadi Perguruan Tinggi yang Kompetitif di Tingkat Nasional Tahun 2030”. Selain visi tersebut, misi, tujuan dan sasaran STIKes Husada Borneo serta VMTS Prodi S1 Gizi dan D3 Perekam dan Informasi Kesehatan pun telah ditetapkan. Semoga dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang telah ditetapkan tersebut dapat menjadi pemicu semangat untuk mengembangkan STIKes Husada Borneo Banjarbaru.

Comments are closed.

© 2016 Stikes Husada Borneo Banjarbaru