Upaya Meningkatkan Kebugaran dan Silaturahmi, Mahasiswa Prodi S1 Gizi SHB gelar Senam Pagi Bersama

SHB — Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-59 tahun 2019, Himpunan Mahasiswa Program Studi Gizi (HMPG) STIKes Husada Borneo (SHB) gelar Senam Pagi Bersama, Jum’at (12/4/2019). Kegiatan Senam Pagi Bersama ini mengusung tema “Meningkatkan Kebugaran dan Mempererat Tali Silaturahmi antar Mahasiswa/Mahasiswi SHB Prodi S1 Gizi.”

Senam Pagi Bersama ini digelar di Lapangan STIKes Husada Borneo, dimulai pukul 07.00 WITA. Senam diinstrukturi langsung oleh beberapa mahasiswa/i SHB yang sudah menguasai gerakan senam, jenis senam yang digunakan adalah senam SKJ 2013. Selain itu, dalam pelaksanaannya senam ini diikuti oleh para mahasiswa/i Prodi S1 Gizi SHB, dosen dan para staff SHB. Setelah senam berakhir, para peserta senam diberikan konsumsi yang sudah disiapkan oleh panitia, konsumsi yang diberikan adalah konsumsi yang menyehatkan pula, diantaranya buah langsat dan pisang, menggambarkan ciri khas mahasiswa gizi dalam penerapan ilmu gizinya yang selalu berupaya menyuguhkan makanan yang sehat dan bergizi.

Hasanah, selaku ketua pelaksana kegiatan ini mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya senam pagi bersama ini selain turut serta dalam memperingati HGN ke-59, juga bertujuan mempererat kebersamaan di antara mahasiswa/i SHB Prodi S1 Gizi untuk mengembangkan keterampilan gerak dasar sebagai landasan penting bagi penguasaan keterampilan pada diri mahasiswa/i.

Kesehatan merupakan hal yang mahal harganya, pasalnya ancaman terhadap kesehatan mudah didapat dari mana saja. Polusi, makanan enak namun tidak sehat, pola hidup kurang teratur, kegemukan, serta berat badan berlebih pun akhirnya menjadi ancaman yang tidak dapat dihindari. Sehubungan dengan hal itu, sekarang ini sudah ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh termasuk pula mengecilkan ukuran pinggang dan menurunkan berat badan yang salah satu caranya bisa ditempuh melalui aktivitas senam. Senam merupakan aktivitas jasmani yang efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Gerakan-gerakan senam sangat sesuai untuk mengisi program pendidikan jasmani. Gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani, seperti kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh. Di samping itu, senam juga berpotensi mengembangkan keterampilan gerak dasar, membangun jiwa sosial yang tinggi, serta untuk meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, tutur Hasanah.

Sebagai upaya tetap menjaga keberlanjutan kegiatan yang positif ini, kegiatan senam pagi menjadi salah satu program kerja dari HMPG, dimana kegiatan senam ini dilaksanakan pada hari jumat dan juga hari-hari yang telah dijadwalkan panitia, serta mewajibkan seluruh mahasiswa/i untuk hadir dan ikut serta dalam kegiatan senam pagi ini, tutup Hasanah.

Reporter: Hasanah
Editor: Sigit Yudhistira

Comments are closed.

© 2016 Stikes Husada Borneo Banjarbaru