Mengasah Kemampuan dan Menggali Jiwa Kepemimpinan, serta Implementasinya di Masa Pandemi pada LDKM 2021

BeritaComments Off on Mengasah Kemampuan dan Menggali Jiwa Kepemimpinan, serta Implementasinya di Masa Pandemi pada LDKM 2021

Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bersama Himpunan – Himpunan Mahasiswa STIKes Husada Borneo (HMPGSHB dan HIMAPIKSHB). Kegiatan ini termasuk kegiatan rutin yang diadakan disetiap tahunnya. LDKM memiliki arti yang luas karena LDKM adalah sebuah kegiatan dimana seseorang dilatih bagaimana cara menjadi seorang pemimpin. Tidak hanya itu LDKM juga bisa melatih kita untuk mengambil keputusan sebagai seorang pemimpin dalam sebuah oragnisasi/kelompok.

Tema LDKM 2021 adalah Learn & Lead “True Leader,True Developer,True Pacemaker” Dengan tiga tema ini tujuanya yang pertama true leader yaitu bagaimana mahasiswa bisa menjalankan amanah yang besar dan mulia untuk tidak semata-mata mengejar dan mengutamakan kepentingan pribadi, tetapi memberi dampak positif bagi banyak pihak. Kedua true developer yaitu mahasiswa bisa menjadi pemimpin yang memiliki orientasi atas keefektifan dan hubungan baik dengan orang lain. Dan yang terakhir true pacemaker adalah bagaimana mahasiswa mengungkapkan upaya pemimpin bisa memahami dan memenuhi kebutuhan utama para anggotanya, misi dan nilai-nilai yang dianutnya. Jadi tiga tema ini tujuannya adalah Membentuk kader-kader pemimpin bangsa yang berkualitas, tanggung jawab, berintegritas, dan penuh kepedulian antara anggota Keluarga Besar Mahasiswa STIKes Husada Borneo.

Kegiatan LDKM dilaksanakan selama tiga hari. Namun LDKM tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya, dimana tahun ini diadakan di masa pandemi COVID-19 jadi acara LDKM tahun ini diadakan dengan dua teknis yaitu dengan cara onilne melalui via ZOOM dan offline secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan hari pertama yang dilaksankan melalaui via ZOOM, diamana kegiatan acara ini di awali dengan pembukaan dari ketua STIKes Husada Borneo dan pengarahan dari ketua pelaksana kegiatan LDKM 2021 sampai dengan penyampaian materi oleh pemateri yang sudah ditentukan oleh panitia. Pemateri pertama yang disampaikan oleh bapak Sigit Yudistira,S.Gz,M.Gz materi yang beliau sampaikan tentang Kepemimpinan. Materi ini menjelaskan bahwa seorang pemimpin adalah seorang yang membimbing serta mengarahkan orang-orang dalam suatu kelompok untuk bekerjasama dalam mencapai suatu tujuan dengan penuh rasa tanggung jawab. Pemateri kedua disampaikan oleh ibu FaizahWardhina,S.Si.T.,M.Kes materi yang beliau sampaikan tentang Public Speaking. Materi ini menjelaskan cara atau teknik tentang public speaking tujuannya untuk memberikan informasi untuk mempengaruhi orang lain dalam prilaku ke arah yang positif sesuai dengan apa yang disampaikan ketika sedang melakukan public speaking. Pemateri ketiga disampaikan oleh bapak Deni Krisnandi materi yang beliau sampaikan tentang Pancasila. Materi ini menjelaskan bawa pancasila merupakan ideologis negara Indonesia dimana pancasila ini merupakan sebagai dasar dan pedoman yang kuat dan pancasila digunakan sebagai petunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan dalam segala bidang.

Gambar 1.1 Pembukaan dan pemberian materi kegiatan LDKM 2021 secara daring via Zoom

Hari kedua LDKM dilaksanakan secara tatap muka, kegiatan ini dilaksanakan di lapangan Denzipur. Sebelum ke lapangan Denzipur, para peserta berkumpul di lapangan STIKes Husada Borneo dengan baris sesuai kelompok dan panitia mencek perlengkapan peserta LDKM sesuai dengan aturan yang dibuat oleh panitia. Setelah itu peserta dan panitia langsung berjalan kaki ke lapangan Denzipur. Disana peserta LDKM langsung baris dan melangsungkan kegiatan PBB yang dilatih oleh tentara Denzipur sedangkan panitia menyiapkan keperluan lainnya. Setelah melaksanakan kegiatan PBB tadi, peserta beristirahat sebentar. Kemudian panitia kembali menyiapkan baris peserta sesuai kelompok dan panitia satu persatu perkenalan kepada semua pesrta. Kemudian setelah perkenlan panitia secara langsung, lanjut ke acara selanjutnya yaitu Outbound. Panitia menyiapkan ada delapan games dimana games tersebut dibagi menjadi beberapa post yang di post tersebut dijaga oleh panitia yang sudah di tentukan. Ada delapan games yaitu Tebak gambar, game serbet, susun barang, zigzag, tictactoe, spiderwall, Air tepung, dan game kusut. Setiapkelompok harus melewati dan mencoba bermain dalam games tersebut namun kegiatan ini tetap sesuai dengan protokol kesehatan.

Gambar 1.2 Latihan PBB dan outbound pada hari kedua LDKM 2021

Hari ketiga merupakan hari terakhir dari serangkaian kegiatan LDKM 2021. Kegiatan ini dimulai pada siang hari, dimana para peserta LDKM berlomba-lomba untuk menampilkan pentas seni terbaik dari kelompok masing-masing. Pentas seni yang mereka persembahkan diantarnya yaitu menyanyi, menari, drama musical, dan persembahan lainnya. Setelah semuanya sudah menampilkan pentas seni, panitia berdiskusi untuk menentukan siapa yang berhak memenangkan perlombaan pentas seni yang telah ditampilkan tadi. Kemudian dilanjutkan untuk pemilihan King dan Queen pemilihan ini berdasarkan dari segi peserta LDKM yang aktif selama kegiatan LDKM. Dan acara terakhir yaitu pembagian hadiah kepada peserta baik secara individu maupun kelompok.

Gambar 1.3 Pentas seni dan momen keakraban pada hari ketiga LDKM 2021

Comments are closed.

© 2016 Stikes Husada Borneo Banjarbaru