Kegiatan Table Manners : Etika Jamuan Makan

Kamis, 9 oktober 2017 telah terlaksanakan kegiatan table manners atau lebih gampang nya di sebut etika makan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan HMPG PRODI S1 Gizi stikes husada borneo. Peserta kegiatan Tabel Manners tahun 2017 adalah : Alumni prodi S1 Gizi Stikes Husada Borneo yang lulus ditahun yang sama, selain itu dihadiri oleh ketua STIKES Husada Borneo beserta dosen dan staff.

Acara ini di mulai jam 10.00 Wita di aula stikes husada borneo. Pertama, pembukaan di buka oleh MC sambutan pertama dibuka oleh ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Gizi stikes husada borneo sdr An Nisa Eliandha. Sambutan kedua oleh ketua Stikes husada borneo oleh Bapak Ns. Husin., S.Kep., MPH. Acara selanjutnya materi dan demo masak yang disampaikan oleh ibu Nany Suryani S.Gz.,M.Biomed.

Sebenarnya Etika tersebut telah ada jauh sebelum peradaban Eropa menyebar ke seluruh dunia. Jika mampu menunjukkan sopan santun di meja makan, sebenarnya secara tidak langsung menunjukkan kualitas pergaulan, intelektualitas dan etika pergaulan seseorang. Etika makan tidak dibentuk secara tiba-tiba. Kualitas etika makan harus dilakukan sejak usia anak dan remaja. Dengan kebiasaan sehari-hari dengan melakukan etika makan yang baik maka merupakan proses pembelajaran yang sangat baik. Bila etika makan dibentuk secara instan maka akan menghasilkan kualitas etika makan yang canggung dan tidak luwes.

Bila seseorang diundang di sebuah restoran terkenal atau jamuan makan malam resmi dengan meja makan yang sudah di atur sedemikian rupa harus mengikuti aturan etika makan yang baik. Dan materi yang sangat penting dan bermanfaat tersebut yang di arahkan langsung oleh ketua prodi S1 gizi stikes husada borneo pun selesai.

Selanjutnya dilaksanakan live cooking oleh ketua prodi S1 gizi dan salah satu mahasiswa gizi yaitu pembuatan main sop dan ayam bakar stack, pada sesi live cooking ini dijelaskan mengenai bahan-bahan, cara pembuatan, tingkat kematangan, dan platting yang tepat.

Setelah dilakukan live cooking, disajikan makanan.selanjutnya memasuki acara inti tersebut adalah pelatihan table manners yang di pimpin langsung oleh ketua prodi S1 gizi stikes husada borneo pelatihan tersebut agar peserta mengetahun tata cara makan seperti cara duduk, penggunaan serbet makan, cara berbicara, cara menggunakan alat makan, cara minum, cara makan sup, cara makan roti. Dan selanjutnya acara tersebut memasuki penutupan dan sebelum penutupan juga diadakan pemberian doorprize bagi peserta. Dan tak luput pula foto bersama kepada seluruh peserta dan panitia.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Stikes Husada Borneo Banjarbaru