Selamat Datang Para Tunas Muda STIKES Husada Borneo Banjarbaru

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Husada Borneo Banjarbaru sebagai salah satu perguruan tinggi kesehatan terkemuka di Kalimantan Selatan menggelar pelaksanaan  Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2017/2018 pada Senin (04/9/2017) pekan pertama di bulan September.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak total 138 mahasiswa baru dari Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan dan juga Program Studi Gizi STIKES Husada Borneo Banjarbaru yang dilaksanakan bertempat di Aula STIKES.

PKKMB merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang menjadi tanggung jawab perguruan tinggi untuk mensosialisasikan kehidupan di lingkungan perguruan tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan perguruan tinggi, Prodi, BEM mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait. Dalam PKKMB kali ini dilibatkan pula dari unsur TNI Polri yang bertujuan menumbuhkan kesadaran dan wawasan kebangsaan untuk menangkal paham-paham radikal dan terorisme yang sudah mulai sistemik dengan masuk ke lembaga-lembaga pendidikan termasuk perguruan tinggi. Hal tersebut tentunya memerlukan perhatian khusus dan wujud nyata kesadaran tersebut dituangkan dalam Deklarasi Gerakan Anti Radikalisme Civitas Akademika STIKES Husada Borneo.

Butir-butir deklarasi berisi komitmen Civitas Akademika STIKES Husada Borneo untuk berpegang teguh pada Pancasila, UUD RI 1945, semangat Bhinneka Tunggal Ika, Persatuan dan Kesatuan Bangsa untuk mengukuhkan NKRI serta secara tegas menolak segala entitas yang bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

PKKMB STIKES Husada Borneo Banjarbaru Tahun Akademik 2017/2018 juga merupakan sarana untuk mencari potensi dari para calon mahasiswa yang nantinya dapat disalurkan lewat kegiatan organisasi kampus. Selain itu, PKKMB juga merupakan wahana buat mereka cepat beradaptasi sehingga dapat mengatur hidup mereka sendiri selaku mahasiswa demi kesuksesan studi yang akan dilewati.

Ketua STIKES Husada Borneo Banjarbaru Ns. Husin., S.Kep., MPH dalam sambutan pembukaan acara PKKMB menekankan bahwa PKKMB sekarang bukanlah OSPEK masa lalu yang berkonotasi buruk yang mana kegiatan di dalamnya sarat akan perpeloncoan yang mengarah kepada kekerasan verbal, fisik ataupun mental, karena hal demikian sudah tidak dibolehkan lagi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Dan yang patut diapresiasi menurut beliau bahwa STIKES Husada Borneo Banjarbaru menjadi salah satu pioner untuk pelaksanaan PKKMB yang lebih humanis, beretika, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai positif yang berlaku di dalam maupun luar kampus.

Oleh: Razel MH.

Comments are closed.

© 2016 Stikes Husada Borneo Banjarbaru