Ini Unsur Unsur Pendidikan Perguruan Tinggi yang Baik
Unsur unsur pendidikan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Melalui pendidikan seseorang dapat mengembangkan diri, pola pikir, kompetensi, hingga kualitas diri yang lebih baik. Untuk itu, dalam memilih sebuah institusi pendidikan haruslah memperhatikan aspek-aspek dalam institusi tersebut apakah memiliki kualitas yang memadai atau belum.
Perguruan tinggi sebagai institusi lembaga pendidikan tertinggi harus memiliki kualitas yang memadai untuk dapat mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. Berikut ini ada unsur-unsur pendidikan perguruan tinggi yang dapat dikatakan memiliki kualitas yang baik.
1. Peserta Didik
Peserta didik yang dimaksud adalah mahasiswa, yakni subjek didik dalam suatu pendidikan. Peserta didik merupakan seseorang yang memiliki potensi fisik dan psikis, seorang individu yang berkembang serta individu yang membutuhkan bimbingan dan perlakuan manusiawi.
2. Pendidik
Pendidik dalam hal ini merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta didik. Jika di lingkungan perguruan tinggi, maka pendidik yang dimaksud adalah dosen.
3. Interaksi Edukatif
Interaksi edukatif merupakan komunikasi timbal balik antara peserta didik dengan pendidik yang diarahkan pada tujuan pendidikan itu sendiri. Misalnya pada sekolah tinggi interaksi ini terjadi pada mahasiswa dan dosen
4. Tujuan Pendidikan
Ke arah mana bimbingan dan proses pembelajaran merupakan tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan tentunya untuk dapat menyampaikan materi dan pengetahuan kepada peserta didik sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai.
5. Materi Pendidikan
Materi pendidikan dalam hal ini menjurus pada bahan ajar yang dijadikan perantara untuk menyampaikan pengetahuan dari pendidik ke peserta didik. Dalam perguruan tinggi terdapat kurikulum yang menjadi acuan untuk materi pendidikan pada proses pendidikan yang berlangsung.
6. Alat dan Metode
Alat dan metode pendidikan merupakan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan. Alat pendidikan dalam hal ini merupakan jenis bahan ajar yang digunakan, sedangkan metode pendidikan merupakan sebuah cara untuk menyampaikan materi dengan memperhatikan efisiensi dan efektifitas.
7. Lingkungan Pendidikan
Tempat dimana peristiwa bimbingan atau proses belajar mengajar berlangsung disebut lingkungan pendidikan. Lingkungan pendidikan harus berkualitas dan kondusif untuk mendukung proses belajar mengajar, seperti sekolah tinggi ilmu kesehatan banjarbaru yang memiliki lingkungan pendidikan yang memadai. Dengan mengetahui unsur-unsur pendidikan perguruan tinggi yang baik dapat memudahkan untuk memilih perguruan tinggi yang berkualitas. Misalnya seperti memilih sekolah tinggi ilmu kesehatan banjarbaru, yang informasi lebih lanjutnya dapat diakses di stikeshb.ac.id dan Instagram @stikeshb.